Alcatraz Island, Penjara Yang Penuh Dengan Misteri Didalamnya

Psikologer.com - Alcatraz adalah nama pulau yang ditempati oleh salah satu penjara paling terkenal di dunia.
Terletak di San Francisco Bay, AS, Alcatraz adalah salah satu dari tiga pulau yang ditemukan oleh penjelajah Spanyol, Juan Manuel de Ayala, pada tahun 1775.
Kata “alcatraz” berarti “pelican” dalam bahasa Spanyol. Sebelum digunakan sebagai penjara, pulau itu digunakan sebagai instalasi militer.


Pada tahun 1850-an, Alcatraz mulai difungsikan sebagai tahanan militer. Hal ini berlanjut sampai tahun 1933 ketika pengelolaan Alcatraz diserahkan kepada Departemen Kehakiman AS.
Alcatraz merupakan penjara dengan keamanan maksimum dan dirancang untuk memenjarakan penjahat paling berbahaya dan penjahat kambuhan.
Berbagai film telah dibuat menggunakan Alcatraz sebagai latar belakang, meskipun kebanyakan dari penggambaran film tidak benar-benar sesuai dengan realitas sebenarnya.
Alcatraz memiliki kapasitas menampung 336 tahanan, tetapi tidak pernah benar-benar terisi penuh.
Salah satu mitos seputar Alcatraz adalah bahwa tidak ada seorangpun yang bisa lolos dari penjara ini. Perairan di sekitar pulau Alcatraz terkenal dingin dengan arus yang kuat. Meskipun demikian, tidak terdapat hiu ganas di perairan, seperti yang digambarkan beberapa film.

Namun pada kenyataannya, perairan Alcatraz tidaklah seganas yang diperkirakan. Dalam beberapa tahun terakhir, dua anak berusia 10 tahun berhasil berenang menyeberangi pulau, membuktikan bahwa upaya pelarian bukanlah hal yang mustahil. Alcatraz sebenarnya juga mencatat sejumlah upaya pelarian. Total terdapat 36 tahanan berusaha kabur dalam 14 kali upaya pelarian terpisah.
Dari jumlah tersebut, 23 orang berhasil ditangkap kembali, 2 orang tewas tenggelam, dan 6 orang tewas tertembak. Masih ada lima tahanan yang belum diketahui nasibnya dan dianggap sebagai “Hilang Diduga Tenggelam.”

Salah satu film paling terkenal tentang Alcatraz adalah The Birdman of Alcatraz. Film ini dibintangi Burt Lancaster yang berperan sebagai tahanan seumur hidup Robert Stroud.

Dalam sejarahnya, Alcatraz pernah memenjarakan beberapa penjahat terkenal seperti Al Capone, George “Machine Gun” Kelly, dan Arthur “Doc” Barker. Tapi jumlah narapidana terkenal hanya merupakan persentase sangat kecil dibandingkan total 1.576 tahanan yang pernah ditahan di penjara itu.
Alcatraz akhirnya ditutup dan ditinggalkan pada tahun 1963 karena dianggap membutuhkan biaya operasioal terlalu mahal dibandingkan penjara lain. Setelah penutupannya, salah satu suku Indian mengklaim hak mereka untuk menempati pulau tersebut.

Sayangnya, vandalisme dan kebakaran yang pernah terjadi membuat semua orang Indian diharuskan pindah pada tahun 1971.
Kini, Pulau Alcatraz berubah menjadi daerah destinasi wisata dengan lebih dari satu juta pengunjung yang datang setiap tahunnya.

0 Response to "Alcatraz Island, Penjara Yang Penuh Dengan Misteri Didalamnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel