Masalah Keuangan itu Ada 2, Kamu Yang Mana ?

Psikologer.com - Kalau ada yang bilang punya “masalah keuangan”, biasanya orang langsung mikir artinya kekurangan uang. Padahal, bisa saja masalahnya kelebihan uang. Kenapa banyak uang jadi masalah? Karena bingung punya banyak duit nganggur, gak tau mau dikemanain dan diapain ya kan hahaha.

Langsung saja kita bahas satu-satu dulu. Kalau masalahnya kekurangan uang, sebenarnya ada 2 solusi utama untuk mengatasinya:
1. Tambah pendapatan
2. Kurangi pengeluaran
Simple kan sebenarnya? Ngomong sih memang gampang, tapi ngelakuinnya yang susah hahaha.

Karena dari 2 solusi di atas, masalah sebenarnya bukan hanya di uang, tapi pada diri sendiri. Bisa gak diri sendiri tanggung jawab maksimalin waktu dan putar otak kreatif dan berinovasi buat cari duit tambahan dan disiplinkan diri untuk ikutin budget tahan gaya hidup? Atau malah nyantai di rumah rebahan dan yutuban sambil ngeluh gak punya duit dan nyinyir sambil ngiri sama yg tajir? Oppsss.

Nah kalau masalahnya kelebihan uang, solusinya juga ada 2 yaitu:
1. Investasi
2. Investasi
Kenapa investasinya ada 2? Karena memang investasi gak cukup hanya sekali. Maksudnya gimana? Oke kita perdalam sedikit yaa.

Karena yang pertama, harus investasi ke diri sendiri dulu. Artinya apa ? Artinya investasi ke otak, ke pengetahuan, ke ilmu, biar gak gampang terjebak investasi bodong apalagi sampai ngasal investasi alias “gambling/judi”. Dosa broohhh hahaha.

Duit banyak tapi terjebak di investasi bodong buat apa sayang kan duitnya. Duit banyak tapi cuma di bank malah pelan-pelan hilang terkikis inflasi. Duit banyak tapi kalau rugi terus di saham buat apa? Duit banyak tapi kalau diperalat sama agen asuransi yang nakal karena diri sendiri gak ngerti dengan produknya sama aja percuma.

Jadi, yang pertama investasi ilmu dulu. Baru setelah itu praktek asli langsung terjun ke instrumen investasi. Karena yang namanya investasi gak ada yang 100% bebas resiko. Adanya sebagai manusia yang punya akal budi, kita bisa belajar untuk memperkecil resiko tersebut.

Nah jadi masalah keuangan kamu yang mana? Kiri apa kanan? Kalo kiri tetap syukuri dan jangan menyerah, kalo kanan tetap syukuri dan jangan boros serta jangan lupa untuk bersedekah.

0 Response to "Masalah Keuangan itu Ada 2, Kamu Yang Mana ?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel