Jangan Takut Hina dengan Bersedekah

Oleh: Nasir Ahmad Khan Saragih
Psikologer.com - Sebagai makhluk sosial, manusia memiliki peran tersendiri dalam membantu orang lain, mungkin dengan bentuk kepedulian dalam bermasyarakat ataupun juga dengan cara bersedekah. Sedekah dapat didefinisikan sebagai bentuk peduli seseorang dengan cara membantu, berbagi tanpa terbebani dan rasa ikhlas didalam hati. Semua agama mengajarkan arti dari tolong menolong, tidak ada agama yang mengajarkan tentang kesesatan didalamnya.


Hal sepele terjadi ketika kita ingin bersedekah kita merasa diri kita hina, menganggap bahwasanya kita akan miskin ketika kita bersedekah, seharusnya kita banyak belajar dari tukang parkir, walaupun dia memiliki banyak mobil dan motor dengan berbagai bentuk dan merek, tukang parkir selalu sadar bahwasanya semua hanyalah titipan. Sedekah juga mengajarkan kepada kita bahwasanya setiap harta yang kita miliki ada hak orang lain yang harus kita beri, dengan demikian berikut adalah beberapa manfaat dari sedekah itu sendiri yaitu:

1. Tanda Syukur atas Rejeki yang diberikan Tuhan
Sedekah adalah tanda bahwa Anda bersyukur pada rejeki yang diberikan Tuhan. Dari semua rejeki itu, tak hanya berupa materi, tetapi juga bersyukur atas kesehatan Anda sehingga rejeki itu bisa Anda nikmati, juga bersyukur ada orang-orang yang mencintai Anda, yang selalu mendukung agar Anda menghasilkan rejeki yang baik. Maka sedekah adalah salah satu ungkapan terima kasih atas semua nikmat yang sekarang Anda miliki.

2. Memberi Berkah pada Rejeki dan Keluarga
Jangan pernah takut jatuh miskin karena bersedekah. Justru orang-orang yang bersedekah sering mendapat keajaiban dan pertolongan tak terduga dan bahkan rejeki mereka semakin lancar. Lihat saja para tokoh dunia, mereka tidak pernah sungkan menyisihkan sebagian kekayaan mereka untuk orang lain. Tapi Anda tentu tak perlu memaksakan diri, belum sekaya dan seberhasil mereka bukan alasan untuk tidak bersedekah, karena sedekah kadang tak selalu berupa materi, bantuan tenaga juga termasuk sebagai sedekah bagi orang lain.

3. Membantu Kehidupan Orang Lain
Dengan bersedekah, Anda sudah membantu meringankan beban orang lain. Baik itu sedekah uang, materi, atau tenaga.

Sedekah materi atau uang akan meringankan beban ekonomi orang lain, sedangkan sedekah tenaga akan meringankan beban mereka juga, misalnya Anda menjadi relawan kemanusiaan, relawan korban bencana alam, atau menjadi Filantropi. Maka tak ada alasan menunggu sedekah jika sudah jadi orang kaya. Sedekah dapat mempererat tali silaturahmi, anda tidak pernah tahu akan menjadi apa dan seberapa besar Anda membutuhkan bantuan orang lain. Dengan bersedekah, Anda menambah keluarga baru, teman baru dan kerabat baru. Tidak akan ada yang tahu bagaimana kehidupan Anda ke depannya. Kelak, jika Anda butuh bantuan, tidak menutup kemungkinan mereka akan membantu Anda. Kalaupun tidak, Tuhan tidak pernah menutup mata bagi mereka yang ikhlas bersedekah. Tunggu apalagi, bersedekahlah pada orang yang memang benar-benar membutuhkan bantuan Anda. Jangan pernah takut miskin karena sedekah, karena Tuhan Maha Kaya dan akan melipatgandakan kebaikan bagi mereka yang ikhlas bersedekah.
Sedekah tak akan membuat kita hina, melainkan akat mengangkat derajat kita lebih berharga. Sedekah ibarat investasi dengan melibatkan tangan tak terlihat, semakin banyak kita bersedekah maka semakin besar nikmat yang kita peroleh.

Tulisan ini ditulis sebagai bentuk pelajaran kedepannya supaya kita semua mengetahui, kita tak akan merugi ketika mau berbagi kepada sesama. Mungkin juga tulisan ini banyak kekurangan didalamnya, penulis minta maaf dan mohon kritik dan saran yang membangun :).


"semua orang bisa meletakkan kakinya setinggi puncak digunung, namun sedikit orang bisa meletakkan hatinya serendah karang dilautan..."


0 Response to "Jangan Takut Hina dengan Bersedekah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel