Apa itu Milenial ?

Oleh: Nasir Ahmad Khan Saragih
Psikologer.com - ‘’MILENIAL’’ kata yang belakangan ini sering diperbincangkan oleh banyak kalangan, apa dan siapa generasi milenial itu ? Sebagai gambaran singkat generasi milenial pada dasarnya lahir diantara tahun 1980-an sampai 2000-an, jadi generasi milenial bisa dikatakan generasi muda masa kini yang saat ini berusia 15-34 tahun.

Generasi milenial ini ditandai dengan penggunaan teknologi dan budaya pop/musik, kehidupan generasi milenial tidak bisa dipisahkan dari teknologi terutama internet/hiburan, sudah menjadi kebutuhan pokok generasi ini. Generasi ini adalah orang-orang dengan usia produktif sekaligus konsumen yang mendominasi pasar saat ini. Ciri dari generasi ini adalah kemampuan menggunakan teknologi dengan baik, lebih mudah mencari informasi, lebih kreatif dan inovatif. Generasi ini tentunya bisa eksis karena adanya kemajuan teknologi informasi dan lainnya. Generasi ini juga bebas dalam menentukan ingin menjadi seperti apa nantinya, namun kebebasan yang dimaksud adalah masih dalam koridor yang positif.

Ada kurang lebih sekitar 84 juta orang Indonesia yang termasuk dalam generasi milenial, sedangkan jumlah penduduk Indonesia mencapai 225 juta. Jadi kalau dipersentasikan, generasi milenial ada sekitar 33 persen dari penduduk Indonesia. Tentu ini adalah angka yang tinggi mengingat usia produktif yang ditentukan pemerintah adalah 16-64 tahun. Artinya Indonesia saat ini mengalami bonus demografi atau proporsi penduduk produktif lebih besar dibandingkan proporsi penduduk tidak produktif.

Maka dari itu bonus demografi ini kalau dimanfaatkan dengan baik bisa menjadi keuntungan bagi Indonesia, jika sumber daya yang dimiliki bisa berkontribusi bagi bangsa Indonesia, begitu pula sebaliknya, jika tidak bisa berkontribusi maka bisa menjadi beban bagi Indonesia. Generasi milenial adalah generasi emas bangsa Indonesia, tinggal bagaimana kita menumbuh-kembangkan apa yang kita punya. Milenial adalah aset bangsa dan setiap elemen kebangsaan bertanggungjawab untuk menumbuh-kembangkannya, hal ini merupakan suatu kewajiban atau keharusan orang tua, lingkungan dan sekolah yang turut andil dan berperan serta dalam cita-cita besar bangsa ini dengan menjadikan generasi milenial pionir dalam setiap masalah-masalah universal pada bangsa ini. Dan pada akhirnya apa yang kita cita-citakan bersama bisa tercapai.
Sebagai bagian dari generasi milenial, penulis mengajak kepada seluruh generasi milenial bangsa ini untuk bisa berkontribusi dan memberikan peran terbaiknya kepada diri sendiri, lingkungan, orang banyak dan negara ini. Negara ini kedepannya dapat dilihat dari pemudanya pada saat ini.

Mari sama-sama kita bina insan akademis kita yang bergelut dengan bidang pendidikan untuk memberikan kontribusi yang berharga pada negeri ini dan sebagai bentuk pengabdian kita kedepannya.

"setiap orang ada masanya, setiap masa ada orangnya"

0 Response to "Apa itu Milenial ?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel