Terlalu Sering Minum Soda dapat Menyebabkan Cepat Tua

Psikologer.com - Sebuah studi menemukan jika kebiasaan mengkonsumsi setengah liter soda manis dalam sehari bisa mengakibatkan penuaan secara biologis sekitar empat setengah tahun.

Studi yang dilakukan oleh para peneliti dari Universitas California, Amerika, mengungkap bahwa konsumsi minuman soda manis bisa berhubungan langsung dengan penuaan sel dengan cepat, datangnya penyakit yang diakibatkan oleh obesitas.

Seperti dilansir dari American Journal of Public Health, hasil penelitian menunjukkan bahwa telomere, unit pelindung dari DNA dalam sel, yang lebih pendek di sel darah putih terdapat dalam orang yang hobi meminum soda lebih banyak.
"Konsumsi rutin minuman soda bergula dapat mempengaruhi perkembangan penyakit, tidak hanya dengan kontrol metabolisme tubuh dari gula, tetapi juga jaringan sel yang cepat menua, penuaan jaringan," kata peneliti senior Elissa Epel, profesor psikiatri di University of California, San Francisco (UCSF).

Panjang telomere dalam sel darah putih sebelumnya telah dikaitkan dengan umur manusia. "Ini adalah demonstrasi pertama soda yang berhubungan dengan telomere," tambah Epel. Efek pada panjang telomere adalah sebanding dengan efek dari merokok.

Telomere pendek juga telah dikaitkan dengan perkembangan penyakit kronis penuaan, termasuk penyakit jantung, diabetes, dan beberapa jenis kanker.

Para peneliti mengukur telomere setelah mendapat DNA dari 5.309 orang yang diteliti, dari usia 20 sampai 65 tahun, baik yang tidak memiliki riwayat diabetes atau penyakit kardiovaskular dan telah berpartisipasi dalam survei kesehatan selama tahun 1999 sampai 2002.

0 Response to "Terlalu Sering Minum Soda dapat Menyebabkan Cepat Tua"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel