5 Tips Cara Menabung Buat Kamu Yang Susah Nabung

Pernah merasa gak sih setiap gajian uang cuma numpang lewat doang di rekening, udah capek kerja banting tulang tapi hasilnya habis buat keperluan atau jajan kulineran secara jaman sekarang begitu banyak variasi jajanan yang bikin lapar mata dari yang murah sampai mahal seperti kebiasaan saya yang suka nyicip jajanan baru, tau-tau uang udah habis aja hehe.

Melihat dari itu saya mulai berpikir kalo uang gajian habis terus nanti kalo sewaktu-waktu kena masalah finansial dan gak ada uang tabungan atau mungkin di masa depan ada keinginan bisa buka usaha jajanan sendiri oleh karena itu saya mau berbagi trik buat teman teman yang susah nabung seperti saya simak yuk gansis....
1. Ikut Arisan
Bisa ikut arisan di tempat kerja atau di lingkungan rumah dan juga keluarga. Untuk jenis arisannya bisa disesuaikan dengan keinginan. Bisa harian, mingguan, atau bulanan dan jumlahnya pun bisa diatur tergantung kesepakatan kelompok arisan. Cuma masalahnya kekurangan dari cara ini kalo ada salah satu anggota yang suka telat bayar jadi bikin sulit yang menang arisan ataupun yang megang arisan. Jangan sampai nyusahin anggota lainnya ya teman-teman kalo berminat ikut arisan dan juga jangan lupa buat kasih berapa persen buat si pemegang arisan, megang amanat berat loh teman-teman.

2. Ikut Tabungan Berjangka
Kalo ini mirip dengan arisan kita harus setor uang sesuai jumlah dan menentukan jangka waktu yang kita ambil. Secara tidak langsung kita dipaksa untuk nabung tiap bulan, lebih enaknya sih daftar pakai rekening bank yang biasa teman-teman pakai buat gajian jadi tiap bulan langsung dipotong buat tabungan kelebihannya kita bisa rutin nabung dan ada sejumlah keuntungan yang diberikan oleh pihak bank. Untuk kekurangannya ada beberapa bank yang mengenakan biaya admin buat tabungan jenis ini. Kalo saya sih pake yang syariah jadi free biaya admin serta terbebas dari riba hehe.

3. Nabung di Celengan Khusus
Ini sih metode jadul banget ya, dari dulu juga memang begini hehe, tapi memang beda teman - teman saya terasa semangat banget karena senang aja waktu masukin uang kedalam celengan. Tipsnya biar gak kebawa nafsu buat ngorek celengan yaitu lupain kalo punya celengan, pakai celengan yang sulit dibuka yang bisa membuat kita malas untuk membukanya atau kalau mau bisa pakai celengan dari gerabah agar tidak tega untuk memecahkannya.

4. Beli Emas atau Menabung Emas
Kalo tips ini jadi nabung langsung berbentuk logam mulia, daripada uang habis buat hal yang gak penting mending dibelikan emas atau ditabung menjadi tabungan emas. Jadi, walaupun uang habis tapi ada bentuknya teman - teman. Karena nilai emas itu stabil dan tidak pernah dipengaruhi oleh inflasi. Jika harga emas naik maka nilai rupiah ditabungan emas kita juga ikut melonjak.
Ini adalah screenshot tabungan emas saya di E-Commerce Tokopedia yang bekerjasama langsung dengan Pegadaian. Bukan niat untuk pamer ya teman-teman :v
Jumlah Tabungan Emas saya di Tokopedia yaitu 1.1 gram
5. Ikut Investasi Reksadana
Kalo ini kamu ikut menginvestasikan uang kamu di reksadana, ini hampir mirip mirip dengan investasi langsung. Tapi bedanya yaitu jika Investasi langsung kamu sendiri harus masuk kedalam instrumen investasi dengan bekal pengetahuan investasi yang cukup dan bukan asal asal ikutan. Tapi kalo reksadana yaitu kamu memiliki manajer investasi yang akan membantumu jika kamu tidak punya waktu luang untuk belajar investasi. Maka kamu hanya tinggal menyerahkan uang yang kamu punya kepada manajer investasi, dan manajer investasi lah yang akan mengatur uang kamu akan dimasukkan kemana, kamu hanya tinggal duduk dan menerima profit atau keuntungan.
Tetapi perlu diingat bahwa investasi reksadana berbentuk saham dan obligasi cukup beresiko yaitu kamu mungkin bisa kehilangan uang kamu jika harga saham sedang mengalami penurunan. Untuk main aman dan beresiko minim cukup investasikan uang kamu di reksadana pasar uang karena hampir tidak pernah mengalami yang namanya kehilangan uang.
Ini adalah screenshot investasi saya di reksadana obligasi dan pasar uang, saya investasi di aplikasi reksadana Bibit karena prosesnya mudah dan bebas biaya admin. Serta sewaktu waktu dapat bonus berupa cashback
Baru mengenal investasi reksadana dan total keuntungan yang saya peroleh sudah mencapai 350 ribu rupiah


Bagi teman-teman yang tertarik untuk menabung uangnya kedalam bentuk reksadana silahkan dimulai dari sekarang dan jangan ditunda karena semakin ditunda akan semakin malas untuk menabung uang yang kita miliki.
Cukup download aplikasi Bibit di smartphone kawan kawan sekalian dan daftar dengan mengisi biodata dan upload foto KTP. Maka akun teman-teman sekalian hanya tinggal menunggu proses verifikasi dari pihak Bibit selama beberapa jam dan paling lambat 1 hari. Dan Pastinya Aplikasi Bibit sudah berizin OJK (OTORITAS JASA KEUANGAN), pastinya kamu tidak perlu lagi khawatir terhadap investasi bodong yang marak belakangan ini.
Dan kawan-kawan bisa mendapatkan saldo bonus Rp 50.000 saat mendaftar dengan mengisi kode referal

Kode referalnya adalah:   psikologer

ketika sudah memasukkan kode referral nya maka teman - teman akan langsung mendapat saldo bonus senilai Rp 50.000 dan bisa dipakai untuk investasi di reksadana langsung



"Uang bukanlah segalanya. Pastikan kamu sudah punya uang yang sangat banyak sebelum mengatakan itu"



0 Response to "5 Tips Cara Menabung Buat Kamu Yang Susah Nabung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel