7 Cara Sederhana Untuk Memprioritaskan Diri Sendiri

Psikologer.com - Setiap orang pasti mempunyai prioritas masing-masing dalam hidupnya. Bisa jadi karir, keluarga, pacar ataupun uang. Tidak ada yang salah dengan itu semua karena mereka semua memiliki hak untuk itu.

Namun satu hal yang gak kalah penting adalah memprioritaskan dirimu sendiri, sebelum yang lainnya. Kenapa? Karena kebahagiaanmu sendiri adalah modal awal untuk meraih berbagai hal dalam hidup ini. Kebahagiaan dirimu sendiri merupakan batu loncatan untuk menggapai impianmu.
Nah, berikut ini adalah hal yang sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mulai memprioritaskan dirimu sendiri.

1. Keluarlah dari zona nyaman
Kamu tidak harus melakukan ini sepanjang waktu, tetapi sesekali keluarlah dari zona nyamanmu. Lakukan sesuatu yang gila atau lakukan sesuatu yang belum pernah kamu lakukan. Ini akan memberimu energi dan sudut pandang baru tentang hidup ini.


Awalnya mungkin tidak nyaman, namun hal ini memang dibutuhkan. Kenyamanan akan membuatmu bosan dan kehilangan makna. Cobalah hal baru.

2. Berbicaralah dengan baik kepada diri sendiri
Harus diakui jika sering sekali kita bersikap menyusahkan diri sendiri dengan bersikap keras dan berpikir negatif. Cobalah bersikap lembut dengan apa adanya dirimu sendiri. Hal ini memang tidak terjadi dalam semalam, tetapi kamu dapat perlahan-lahan melakukan kebaikan untuk dirimu sendiri.


Selalu ingat apa kekuatanmu, bersyukurlah atas apa yang kamu miliki, dan jangan bebani dirimu saat melakukan kesalahan.

3. Meminta bantuan jika memang membutuhkannya
Kita bukanlah pahlawan super. Kamu tidak bisa melakukan semuanya sendirian. Mintalah bantuan jika memang membutuhkannya. Kamu hanya harus memintanya. Bagi sebagian orang, ini adalah hal yang sangat sulit untuk dilakukan.


Ego mereka terlalu besar. Jika kamu adalah salah satunya, cobalah sudut pandang lain. Terkadang orang lain akan senang hati saat bisa menolongmu. Meminta pertolongan bukanlah tanda kelemahan. Tetapi tanda bahwa kita adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan.

4. Dengarkan kata hatimu
Ada suara di dalam diri kita yang tahu apa yang terjadi. Ia tahu apa yang kamu inginkan, butuhkan dan bagaimana cara mendapatkannya. Kamu hanya perlu memberinya ruang untuk bernapas dengan memperlakukan dirimu dengan baik. Dari sana, kamu dapat mengambil arahan sesuai dengan apa yang hati kecilmu ungkapkan.

5. Rehat dari Kesibukan
Ini adalah salah satu cara terpenting untuk menjadikan dirimu prioritas. Saat ini kita hidup di dunia di mana kita semua beraktivitas tanpa berhenti. Dalam sibuknya hidup ini, kita butuh waktu untuk melambat. Sangat penting untuk rehat sejenak.


Hal ini akan kembali meremajakan energimu, membersihkan pikiran, dan membuat kita tetap waras. Menjadwalkannya ke dalam kalendermu juga sangat membantu. Luangkanlah sehari dalam seminggu untuk hanya beristirahat, entah pergi berlibur ke tempat favoritmu atau pun hanya untuk menonton film favoritmu.

6. Belajar mengatakan "Tidak"
Mengatakan "tidak" adalah cara penting untuk mengutamakan diri sendiri. Awalnya, mungkin terdengar egois, tapi percayalah hal ini bisa sangat baik untukmu. Berkata tidak kepada orang lain terkadang berarti mengatakan "ya" kepada diri sendiri.


Mungkin kamu lelah dari minggu yang panjang dan seorang teman mengajakmu keluar. Kedengarannya menyenangkan, tetapi sebenarnya kamu hanya ingin pulang. Jangan jadi people pleaser, katakanlah “tidak!” jika memang itu yang kamu inginkan.

7. Berhenti dari urusan cinta jika memungkinkan
Saran ini tidak untuk semua orang. Jika kamu dalam hubungan yang sehat, pertahankanlah ! Namun, jika kamu sedang mengalami kesulitan dalam urusan cinta, ada baiknya untuk beristirahat sejenak.

Berfokuslah pada diri sendiri dengan memikirkan kembali apa yang benar-benar penting dalam hidupmu. Kamu bisa mulai kembali mengejar impianmu, traveling ke tempat baru ataupun menghabiskan waktu dengan keluarga.

Urusan cinta terkadang hal yang sangat rumit dan melelahkan dalam hidup. Kamu butuh istirahat dari hal itu.


Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mulai kembali mengutamakan dirimu sendiri, sebelum yang lain. Yuk, kerjakan!

"Satu perubahan, satu perubahan kecil. Hanya itu yang kita perlukan untuk mengubah hidup kita."

0 Response to "7 Cara Sederhana Untuk Memprioritaskan Diri Sendiri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel