-->

5 Negara Di Dunia Yang tidak Memiliki Utang

Hampir setiap negara di dunia memiliki utang dengan angka terhadap GDP yang berbeda-beda, termasuk Indonesia. Utang tak hanya didominasi oleh sektor bisnis saja, tetapi juga pemerintah sebagai pemegang kekuasaan atas suatu negara. Sebagian besar negara di dunia ini memiliki utang luar negeri. Namun, perlu diketahui bahwa utang negara tak seluruhnya merupakan utang pemerintah, tetapi juga mencakup utang swasta.

Pemerintah suatu negara memiliki utang bukan tanpa alasan. Utang diperlukan untuk kepentingan negara, seperti menutupi kekurangan APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara), modal membangun infrastruktur, menjalin hubungan bilateral, bentuk pengakuan terhadap negara lain terutama yang memberi pinjaman, dan lain sebagainya. Negara-negara maju seperti Amerika Serikat, China, dan Jepang pun memiliki utang negara yang sangat besar. Hanya sedikit negara yang bebas utang, alias tidak memiliki sepeser pun pinjaman pada pihak mana pun.
Tetapi ada beberapa negara di dunia yang hidup mandiri tanpa ada utang sedikitpun. Berikut adalah  negara-negara yang tidak memiliki utang:

1. Makau 
Makau baru saja mencapai rekor 30 juta kunjungan wisatawan dari berbagai mancanegara. Negara ini dikatakan seperti Las Vegas tanpa ketersediaan kokain dan steroid. Bahkan, ada survei yang menyebut bahwa Makau lebih besar dari pada Las Vegas dalam segi pendapatan.

Menurut Economic Intelligence Unit (EIU), Makau adalah negara dengan pertumbuhan tercepat di dunia. Bahasa utama yang diucapkan adalah bahasa Portugis dan Kanton. Sekitar 50 persen penduduknya beragama Buddha.

2. Palau
Negara ini juga memiliki utang nol dolar. Hamparan bukit-bukit yang indah dan samudra biru membentuk pemandangan yang indah. Orang yang berkunjung ke negara ini sangat menyukai snorkeling. Jumlah pulau di negara ini sekitar 300. Negara ini terletak di Samudra Pasifik. Populasinya adalah sekitar 21.000 orang.

3. Liechtenstein
Liechtenstein merupakan negara dengan sistem pemerintahaan yang berbentuk monarki konstitusional. Negara dengan ibu kota Vaduz ini dipimpin oleh seorang pangeran. Letaknya ada di Pegunungan Alpen yang terletak di Selatan Eropa. Posisi Liechtenstein diapit oleh dua negara besar yaitu Swiss dan Austria. Bagi sebagian orang, Liechtenstein adalah negara impian karena memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa menakjubkan.

Kuatnya perekonomian di negara ini juga didukung oleh sedikitnya masyarakat yang menjadi pengangguran. Bahkan, tingkat penganggurannya bisa disebut tergolong rendah di dunia.

4. Kepulauan Virgin Britania Raya
Kepulauan Virgin Britania Raya dikenal luas sebagai British Virgin Islands. Negara ini adalah wilayah non-kedaulatan Inggris. Mereka mengatur sendiri pendapatannya meski hanya pulau kecil. Kepulauan Virgin Britania Raya dianggap sebagai salah satu wilayah paling makmur di Kepulauan Karibia.

5. Brunei Darussalam
Negara yang bertetangga dengan Indonesia dan Malaysia ini juga tidak memiliki utang. Sejak 1984, Brunei telah dinyatakan sebagai negara yang resmi merdeka. Sebagian besar penduduknya terlibat dalam industri minyak dan gas.


Dua persen lahan yang berada Brunei Darussalam bergerak di sektor pertanian. Negara ini berbatasan langsung dengan Laut Cina Selatan, yang menghubungkan Pasifik dan Samudera Hindia dan 90 persen dari pendapatan negaranya adalah produksi gas.

Itulah 5 Negara yang tidak memiliki hutang sepeserpun di dunia.

0 Response to "5 Negara Di Dunia Yang tidak Memiliki Utang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel