-->

Inilah Kebiasaan Yang Mengakibatkan Laptop Cepat Rusak

Laptop adalah komputer mini yang bisa dibawa kemana aja, baik itu ke sekolah, ke tempat kerja, ke kampus bahkan kerumah teman. Laptop sangat efisien dari segi bentuk daripada komputer desktop. Kita tidak perlu pergi ke warnet atau menghidupkan komputer dirumah hanya untuk mengerjakan dokumen atau laporan, kita tinggal membawa laptop dan mengerjakan laporan kita dimanapun ditempat yang kita sukai. Jika kamu memiliki laptop baru, tentunya kamu berharap bisa bertahan lama setidaknya bertahun-tahun sebelum teknologinya mulai ketinggalan zaman.
Akan tetapi kebiasaan-kebiasaan yang sering kita lakukan akan membuat laptop cepat rusak. Berikut kebiasaan yang dapat mengakibatkan laptop kita cepat rusak:

1. Menumpuk Laptop dengan Beban yang Berat
Saat laptop dilipat maka sisi layar akan menjadi alas dipermukaan atas. Para pelajar atau mahasiswa sering menumpuk buku pelajaran diatas laptop atau meletakkan tas yang berat diatas laptop ketika sedang tidak digunakan. Perlu diketahui layar monitor modern mengusung liquid display yang sangat rentan ketika ditekan. Efek buruknya kamu akan melihat death pixel atau bercak hitam di layar yang sering tertekan dan tidak bisa diperbaiki, hanya bisa diganti.

2. Mengguncang Laptop ketika Menyala
Mayoritas laptop menggunakan media penyimpanan berjenis piringan magnetik yang berputar atau disebut HDD. Sisi positifnya, harga lebih murah dibanding SSD namun ada unsur mekanik yang bekerja di dalamnya. Jika kamu mengguncang laptop, akan terjadi masalah pada HDD hingga kehilangan data. Tentu kamu tidak mau file penting kamu hilang, bukan? Apalagi mahasiswa yang sedang sibuk menyusun skripsi tiba tiba file skripsi hilang malah merepotkan nantinya.

3. Debu di Dalam Laptop tidak dibersihkan
Debu menjadi masalah bagi semua perangkat komputer atau bahkan perangkat elektronik seperti tv, handphone, dan lain sebagainya. Debu menghambat sirkulasi udara yang berperan mengurangi panas. Jika kamu merasa laptop mudah panas padahal tidak sedang menjalankan program berat, bisa jadi karena sistem pendingin sudah dipenuhi debu dan tidak bisa bekerja secara maksimal. Kamu bisa bongkar dan membersihkannya dengan blower, namun jika ragu bisa datangi reparasi komputer.

4. Main Game di Laptop sampai panas
Ketika kita punya game favorit yang seru dan asyik, rasanya ingin bermain game tersebut seharian tanpa henti. Sayangnya laptop tidak seperti komputer yang memiliki sirkulasi udara yang lebih baik. Laptop cenderung mudah panas dan panas inilah yang dapat merusak komponen. Efeknya mengurangi performa hardware, mengurangi efisiensi sistem, pada HDD menyebabkan data corrupt, bahkan ada yang mengeluarkan asap. Sebaiknya batasi bermain game di laptop hingga berjam jam lamanya, istirahatkan laptop dari kelamaan main game dan cek bagian body laptop apakah sudah panas atau belum.

Itulah kebiasaan-kebiasaan yang sering kita lakukan yang dapat mengakibatkan laptop kita cepat rusak. Memang segala sesuatu benda yang diciptakan manusia pasti akan rusak pada masanya, oleh karena itu kita harus merawat barang barang yang sering kita gunakan supaya potensi kerusakannya tidak cepat terjadi.

1 Response to "Inilah Kebiasaan Yang Mengakibatkan Laptop Cepat Rusak"

  1. The bonus is calculated in your deposits so have the ability to|you probably can} just add the money to your account and keep it safe there till the bonus helps you to learn how to to|learn to} win more typically. It's the simplest and most secure approach to be taught the variations between the betting systems I'm going to focus on in the 원엑스벳 final chapter of this guide. Always choose on-line on line casino websites licensed by the United Kingdom Gambling Commission or the Malta Gaming Authority .

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel