Jadilah Problem Solver Dalam Kehidupan

Oleh: Nasir Ahmad Khan Saragih
Semua orang pasti banyak yang bertanya tentang problem solving, karena banyak yang belum mengerti tentang problem solver. Secara garis besar problem solver adalah metode pembelajaran yang dimana bersangkutan dengan cara kita untuk berfikir. Menurut hemat penulis problem solver adalah metode pembelajaran yang digunakan untuk berfikir dalam menyelesaikan masalah. Pada kali ini kenapa saya mengangkat topik tentang ini, karena banyak diantara kita bukan menjadi problem solver melainkan menjadi part of the problem, atau sebagai pembuat masalah.
Secara garis besar problem solver bukan hanya cara untuk menyelesaikan masalah, akan tetapi menjadi mindset dalam kehidupan kita yang kita bawa untuk berfikir secara positif untuk mencari jalan keluar dari segala problem di kehidupan. Semua orang harus memiliki mindset problem solver, dikarenakan ini sangat kita butuhkan dalam kehidupan kita. Pemimpin yang baik dia yang mempunyai pola pikir problem solver. Untuk menjadi manusia yang merdeka, kamu harus bisa berfikir secara problem solver yang efektif, dengan berfikir sistematis dan logis dalam waktu yang sama. Karena apa mungkin teman-teman sering lihat disekeliling kita sekalian seseorang dihadapkan dengan masalah, tidak bisa menyelesaikannya. Sebenarnya teman-teman yakin aja, setiap masalah memiliki jalan keluarnya, tidak ada yang tidak mungkin ketika kalian mampu menyelesaikannya.

Saya akan memberikan apa saja yang bisa dilakukan untuk kamu bisa berfikir secara jernih dan tenang untuk menghadapi sebuah permasalahan, antara lain :
1. Identifikasi masalah
2. Lihat masalah dari sudut pandang yang berbeda
3. Tetap tenang dalam menghadapi masalah
4. Fokus kepada solusi, bukan kepada masalahnya
5. Mendekatkan diri kepada Allah SWT

Nah diatas mungkin adalah solusi yang dapat saya berikan untuk teman teman sekalian ketika dihadapkan dengan suatu permasalahan. Menurut saya, hidup tak terlepas dari masalah, namun yang jadi masalah itu adalah ketika kamu tidak ingin menyelesaikan masalah tersebut. Teman teman tetap lah menjadi problem solver dikehidupan kita, bukan menjadi part of the problem dalam kehidupan. Tetap semangat dan tenang dalam segala hal.

"Ambillah risiko yang lebih besar dari apa yang dipikirkan orang lain aman. Berilah perhatian lebih dari apa yang orang lain pikir bijak. Bermimpilah lebih dari apa yang orang lain pikir masuk akal"
 T. Bissell

0 Response to "Jadilah Problem Solver Dalam Kehidupan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel