Jangan Takut Mengambil Resiko

Oleh: Nasir Ahmad Khan Saragih
Ayah saya pernah mengatakan, bahwasanya hanya orang yang tidak berani berenanglah yang akan tenggelam. Artinya hanya orang yang tak berani mengambil keputusanlah yang akan gagal. Pada kali ini saya akan mengangkat masalah tentang resiko. Didalam kehidupan sering kali kita menemukan yang namanya resiko. Apalagi seorang pengusaha biasanya sering berhadapan dengan resiko, mungkin teman-teman pernah menanggung resiko dari setiap kegiatan dalam hidup, mungkin saja teman-teman memilih dua pilihan yang sekaligus sangat penting namun, ada yang ingin didahulukan karena berhubungan dengan kebaikan pastinya.
Menentukan pilihan terkadang memanglah sangat berat, mungkin saja kamu harus galau ketika ingin mengambil keputusan, dan hasil dari keputusan adalah resiko. Resiko itu kalau menurut saya pribadi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari bagaimana pun caranya. Karena saya yakin setiap orang pernah mengalami resiko walaupun sekecil biji zahro.
Seorang yang hebat bukanlah dia yang berhasil melewati ribuan pertempuran. Melainkan dia yang berani mengambil keputusan dan siap menerima resiko yang akan terjadi pastinya. Seseorang yang berani mengambil resiko dalam kehidupannya adalah orang yang berhasil, karena ia sudah berani menentukan arah pemikirannya satu langkah jauh dari biasanya.

Berikut ini ulasan kenapa kamu harus mengambil resiko:

1. Resiko akan membuat dirimu berkembang
Alasan klasik yang dapat saya berikan adalah ketika kamu mengambil resiko kamu pasti tau bagaimana cara menyelesaikan masalah tersebut. Artinya kamu akan lebih percaya untuk menghadapi masalah, karena kualitas diri seseorang dilihat dari seberapa besar resiko yang diambil dan seberapa tenang caranya menyelesaikan masalah tersebut.

2. Resiko akan melihat seberapa besar potensi dirimu
Kebanyakan orang takut mengambil resiko karena takut gagal, teman teman hidup itu adalah masalah, namun ingat sebesar apapun masalahmu, ada banyak cara Tuhan memberikan solusinya, karena hidup itu proses bro, bukan mau instan.

3. Resiko akan mengajarkanmu menentukan pilihan yang terbaik 
Teman-teman, menurut penulis sendiri, hidup ini ibarat perkaderan secara terus menerus, karena ketika kamu mengambil keputusan itu adalah perkaderan. Oleh sebab itu teruslah asah kemampuan hidupmu.

Teman-teman sekalian, lampaui dirimu, karena yang menentukan hidupmu adalah dirimu sendiri. Satu hal yang sangat perlu untuk digaris bawahi adalah bahwa perubahan individu ke arah yang lebih baik tidak bisa dicapai dengan cepat, instant, maupun dengan jalan pintas. Ketika jalan pintas ini telah ditempuh, artinya tujuan yang baik telah membenarkan segala cara untuk meraih tujuan. Sayangnya hal demikian justru akan menghilangkan nilai dan makna dari perubahan itu sendiri. Semua berproses dan semua butuh waktu.

"Kayaknya kita terlalu sensitif untuk hal-hal yang enggak perlu dipermasalahkan, dan kurang sensitif untuk hal-hal yang semestinya diperhatikan. Kayaknya kita terlalu sibuk menyalahkan, sampai lupa cari cara membetulkan"

0 Response to "Jangan Takut Mengambil Resiko"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel