Usia 40 Tahun Belum Terlambat untuk Membangun Startup

Penelitian terhadap 2,7 juta perusahaan rintisan mengungkapkan usia ideal untuk memulai suatu bisnis. Ternyata angkanya jauh lebih besar dari yang diperkirakan. Jika saat ini kamu berumur 40 atau 50-an, kamu kemungkinan akan berpikir sudah terlalu terlambat untuk memulai sesuatu. Nyatanya itu salah dan tidak sesuai fakta, malah inilah waktu terbaik untuk melakukannya.

Jika kamu berada di usia 30, 40 atau bahkan 50 tahun dan kamu percaya omongan kebanyakan orang, kamu mungkin akan berpikir bahwa masa untuk memulai perjalanan wirausahamu sudah terlalu terlambat.

Ternyata anggapan kebanyakan orang itu salah: penelitian yang dilakukan oleh Census Bureau dan 2 orang Profesor dari MIT menunjukkan bahwa pengusaha-pengusaha paling sukses cenderung berusia paruh baya bahkan di sektor teknologi sekalipun.
Penelitian ini mengumpukan daftar 2,7 juta perusahaan rintisan yang telah merekrut minimal satu orang pegawai dalam rentang waktu 2007–2014. Rata-rata usia pendiri startup (perusahaan rintisan) adalah 45 tahun. Temuan lainnya adalah, pengusaha yang memulai bisnis pada usia 50 tahun, hampir dua kali lipat lebih sukses dibanding mereka yang memulai di usia 30.

Masih belum percaya? Cek statistik berikut ini:
  • Pendiri startup berusia 50 tahun 2.2 kali lipat lebih mungkin sukses daripada pendiri startup berusia 30 tahun.
  • Pendiri startup berusia 40 tahun 2.1 kali lipat lebih mungkin sukses daripada pendiri startup berusia 25 tahun.
  • Pendiri startup berusia 50 tahun lebih mungkin sukses daripada pendiri startup berusia 25 tahun.
  • Pendiri startup berusia 60 tahun 3 kali lipat lebih mungkin sukses daripada pendiri startup berusia 30 tahun. Dan 1.7 lebih mungkin untuk mendirikan startup level top.
Mengapa seperti itu? Ada banyak alasan, tetapi salah satu faktor pentingnya adalah perbedaan diantara ide dan eksekusi.

Ide itu penting, tapi eksekusi adalah segalanya. Hal yang sama berlaku untuk strategi: Strategi punya peranan, tapi taktik apa yang benar-benar kalian lakukan adalah yang membuat sebuah usaha bertumbuh.

Lebih sulit untuk melakukan eksekusi ide dan strategi dengan baik jika kamu kurang pengalaman.

Lebih sulit mengambil keputusan taktis tiap harinya jika kamu kurang tahu seluk beluk industri.

Coba bayangkan dari sudut pandang ini: Banyak orang berkata "Kamu perlu tahu apa yang tidak kamu tahu".

" Satu-satunya cara untuk mengurangi hal-hal yang tidak kamu tahu dan punya cukup sentuhan pada hal yang perlu kamu lakukan, adalah melalui pengalaman" dan hal ini juga terkait dengan pengalaman memimpin. Jadi, jika kamu sekarang berusia 40an dan ingin memulai bisnis, lakukan saja dan mulai saja. Jika kamu sekarang berusia 50an, tunggu apalagi. Bahkan jika kamu sudah berusia 60an, jangan ragu untuk memulainya.

Para pengusaha yang sukses tidak memiliki aset khusus yang tidak dapat dicapai oleh orang lain yaitu ide, bakat, motivasi, keahlian, semua bisa diraih dan dipelajari. Setiap pengusaha di satu waktu dalam hidupnya pernah bercermin dan berkata "Banyak orang yang telah sukses…Saya bisa menyusul mereka".
Percayalah dengan dirimu sendiri-khususnya jika kamu mau bekerja keras dan gigih.

Ilmu pengetahuan telah membuktikan bahwa pengalamanmu, keahlianmu, networking yang kamu miliki, usia mu, semuanya mendukungmu untuk sukses.

Mulailah menggunakan itu semua untuk kesuksesanmu. Bukan kesuksesan orang lain.

"Buat tanpa Tapi, Lakukan tanpa Nanti
Gagal itu urusan nanti, yang terpenting kita berani untuk mencoba"
#MulaiAjaDulu

0 Response to " Usia 40 Tahun Belum Terlambat untuk Membangun Startup"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel