Apakah Kamu Tipe Introvert atau Ekstrovert ?

Oleh: Nasir Ahmad Khan Saragih
Dilansir dari berbagai media dan sumber mengenai tentang psikologi manusia atau kepribadian seseorang, ada dua tipe manusia yang seringkali kita jumpai, yaitu orang introvert dan ekstrovert. Walaupun keduanya ini sebenarnya tidak bisa diukur dengan baik, setidaknya kita bisa melakukan yang terbaik jika bertemu dengan orang yang memiliki sifat yang demikian.
Contoh kecil seperti ini, jika kamu bertemu dengan orang yang humor dan kamu orang yang humor juga berarti kamu satu frekuensi dengannya. Artinya ada pandangan pertama yang menjadi kecocokan tersendiri, mana mungkin orang yang suka diam dapat bergabung dengan orang yang banyak cerita atau humor. Yang ada malah berantem, karena ada sesuatu yang tidak cocok dipaksakan, sama halnya dengan hubungan, jika tidak cocok maka lepaskanlah, karena sesuatu yang baru akan hadir dengan kebahagiaan. Teman-teman sekalian tau tidak apa perbedaan antara introvert dan ekstrovert ? Secara hemat yang saya pelajari, merujuk kepada buku psikologi manusia, berikut beberapa penjelasannya:

1. Tipe orang introvert pada saat ada masalah, mereka biasanya akan menyendiri selama beberapa waktu untuk melepaskan stress yang ada. Membaca buku, menonton film, atau tidur mungkin. Kebiasaan orang introvert ketika ada masalah tidak ingin langsung menyelesaikannya, biasanya mereka suka untuk diam, baru nanti datang kembali untuk menyelesaikannya. Orang yang seperti ini bukan mereka lemah atau tidak suka keramaian, hanya saja mereka menemukan dunianya disana.

2. Tipe orang ekstrovert malah sebaliknya, mereka lebih suka banyak beraktivitas dan melakukan kegiatan diluar rumah. Biasanya tipe yang beginian sesuai dengan judul buku Mark Manson yang berjudul "Sebuah Seni untuk Bersifat Bodo Amat". Tipe orang yang SKSD (sok kenal sok dekat)  namun sebenarnya ini adalah cara mereka, bukan mereka suka berleha-leha namun itulah jalan ninja mereka.

Sudah tau kan ? Jika kedepan kamu melihat mereka dengan sifat yang seperti ini, kamu harus pahami juga. Perubahan bukanlah hal yang disukai orang introvert karena itu bisa merusak rencana mereka. Jadi, berikan waktu bagi orang introvert untuk menerima perubahan sekecil apa pun. Tapi bagi orang ekstrovert, perubahan adalah hal yang mereka cari. Mereka yang berkepribadian ekstrovert lebih mudah menerima dan beradaptasi terhadap perubahan.

Nah, sebelumnya kamu harus paham bahwa tak ada satu pun kepribadian yang lebih baik dari yang lain, yang ada hanyalah kepribadian yang berbeda. Nah pasti kamu lebih sering bertemu dengan mereka yang sifatnya introvert bukan ? Mereka yang suka mendiamkan kamu tanpa alasan yang gak jelas atau dengan sifat yang aneh. Kamu mesti sabar, sebab itu adalah cara kamu memahami mereka. Yang paling penting adalah bagaimana kamu menghadapi mereka dengan segala bentuk kesabaran yang full, sebab mereka tak suka dipaksa untuk memberikan penjelasan. Sifat yang beginian sering terjadi kepada perempuan, dengan sifat yang gak jelas dan didorong oleh keinginan mood yang suka berubah menjadi masalah yang awalnya kecil menjadi besar.

Mungkin ulasan ini dapat membantu teman-teman semua, sebenarnya kalian tipe orang yang bagaimana, jujur kalau saya pribadi adalah tipe kedua-duanya, karena saya suka introvert juga ketika memang kesabaran saya sudah tidak dihargai. Dan saya terkadang bersifat ekstrovert ketika memang saya ingin tau dan memberi tahu apa yang saya ketahui. Namun dari keduanya, menjadi pribadi yang lebih baik adalah jalan ninjaku. Semoga kita dijauhkan dengan yang introvert dan di dekatkan dengannya yang suka hilang tanpa berita, eh orang yang bersifat ekstrovert maksudnya. Demikian, salam literasi.

"Kalau bertahan dirasa terlalu mustahil, mungkin melepaskan jadi satu-satunya pilihan yang paling adil.

2 Responses to "Apakah Kamu Tipe Introvert atau Ekstrovert ?"

  1. Salam literasi! - dengan keintropert-an ku ini aku bisa mengumpulkan emosi dan meluapkannya dalam cerpen, kalau enggak aku bisa marah, sensi, dan moodi

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel