-->

Beberapa Tips Penting Untuk Mengatasi Rasa Bosan saat Puasa Yang Harus Kamu Ketahui

Bulan ramadhan adalah bulan dimana umat muslim melaksanakan perintah didalam ajarannya yang termaktub didalam rukun Islam, yaitu berpuasa. Puasa adalah kegiatan menjaga, menjaga mulut dari makan dan minum, menjaga mata dari pandangan yang tidak baik, dan menjaga lisan dari ucapan yang melukai perasaan orang lain.
Sebenarnya puasa akan terasa bosan dan lama kalau yang kamu lakukan hanyalah rebahan dan sebagainya, mungkin teman-teman semua berharap puasa tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya, tidak ada yang bolong dan lain sebagainya. Saya memiliki ulasan yang menurut saya dapat membantu agar tidak bosan, nah sebelum kamu melakukan tips ini kamu harus baca mantra dalam hati "aku bisa dan aku semangat berpuasa ", tips nya sebagai berikut:

1. Membaca
Budaya membaca adalah hal yang paling penting untuk mengisi kegabutan, baik itu baca majalah, koran, novel dan buku lainnya. Saya menganjurkan untuk membaca Al-Quran, karena dibulan ramadhan segala sesuatu yang kita lakukan akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah.

2. Perbanyak Ibadah
Mungkin ibadah yang kita lakukan bukan hanya sholat fardhu, tetapi kita tingkatkan dari sunnahnya, perbanyak dzikir, dan tafakur dimesjid bermunajat kepada Allah SWT.

3. Membantu Orang Tua
Biasanya kita pada malas nih, namun semakin kita malas, maka semakin lemas lah tubuh kita. Mungkin membantu orang tua seperti menyapu rumah dan halaman dapat mengisi kegiatan kita selama berpuasa.

4. Bermain Game
Kalau saat saya kecil, saya sering main game PS 2 sebagai hiburan saya, disini teman-teman bebas main game apa, yang terpenting tidak melalaikan waktu, mungkin gamenya yang hanya sekedar saja dan tidak melupakan aktivitas seperti sholat dan lainnya.

5. Ngabuburit atau Asmara Subuh
Kebiasaan ini yang gak pernah saya lupakan selama bulan ramadhan, memang dimasa pandemik ini kita susah sedikit bergerak dan keluar rumah. Tidak menutup kemungkinan teman-teman semua melakukannya, tapi dengan catatan menggunakan masker dan lainnya. Karena menurut saya bahagia itu diciptakan bukan dicari, maka ngabuburit dan asmara subuh adalah solusinya.

6. Membuat Takjil untuk Berbuka Puasa
Kegiatan ini juga sangat bermanfaat untuk kita, kita bisa membuat takjil sendiri dirumah untuk bukaan puasa atau kita berjualan takjil agar dapat THR buat hari raya.

7. Memancing
Memancing yang dimaksud adalah memancing ikan bukan memancing keributan. Memancing ikan dan sebagainya adalah kebiasaan yang bisa kamu lakukan untuk mengisi kegabutan kalian semua teman-teman.

8. Menulis dan Menggambar
Ini juga adalah kegiatan bermanfaat yang dapat kalian lakukan, karena kalian bisa bercerita dari apa yang kalian hasilkan. Serta membagikan kisah kalian untuk dibaca orang-orang.

Yang paling terpenting adalah kamu harus bisa memanfaatkan ramadhan kali ini sebagai Ramadhan terakhir dalam hidup kamu sehingga kamu dapat memaksimalkannya. Jangan jadi kendala dengan semua keadaan ini. Nah ulasan yang sederhana ini mungkin bisa membantu kalian semua teman-teman, apalagi kalian jarang diucapkan selamat sahur, jangan telat bangun dan selamat berbuka. Jangan berkecil hati karena semua akan indah pada waktunya. Tetap semangat menjalani ibadah puasa yah, tetap yakin usaha sampai.

"Tuhan tidak menciptakanmu dan dunia ini dengan asal asalan, jadi mohon beri yang terbaik di Ramadhan ini selagi kalian ada kesempatan."

Author: Nasir Ahmad Khan Saragih

6 Responses to "Beberapa Tips Penting Untuk Mengatasi Rasa Bosan saat Puasa Yang Harus Kamu Ketahui"

  1. Kalau saya bersepeda di sore hari

    BalasHapus
  2. Sibuk merancang takjil sejak pagi :) saking bosannya kelamaan belajar si rumah, anak anak jadi banyak maunya

    BalasHapus
  3. Kalau saya suka menghabiskan waktu baca buku online atau baca komik online hehe

    BalasHapus
  4. Ngeblog, salah satu keg yg kulakukan utk hindari kebosanan..hehe..

    BalasHapus
  5. Membaca menjadi pilihan utama yang bisa kita lakukan ya mas. Saya sekarang ada beberapa list bacaan yang ingin saya tamatkan heheh pelatihan online juga bagus sih buat ngembangin diri.

    BalasHapus
  6. Aku lagi suka mewarnai pakai watercolor pensil jaman sd, lumayan isi waktu hehe

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel