Bertuhan dan Bertahan

Oleh: Dr(c).Mhd. Latip Kahpi , M,Kom.I
Situasi saat ini telah menguji banyak umat manusia, banyak kehidupan yang semula biasa menjadi tak biasa orang biasa sholat di Masjid sekarang tak biasa lagi di mesjid, semula kita biasa bepergian kemana saja sekarang semua itu menjadi tak biasa dilakukan. Dan banyak hal lagi yang kita tinggalkan dari kebiasaan.
Dulu kita terbiasa bertegur sapa dengan salaman sekarang itu menjadi tak biasa lagi, dulu kita terbiasa mendekatkan diri kalo lagi bertemu sahabat sekarang sudah tak biasa lagi. Kita banyak dirubah oleh pandemi ini dengan berbagai kehidupan sehari-hari, silaturahmi, belajar mandiri bahkan mungkin juga bangun pagi semua berubah.

Ini saat-saat kita diuji apakah kita Bertuhan dan Mampu Bertahan, kita bertuhan bahwa wabah ini adalah kehendak-Nya dan kepada-Nya kita meminta pertolongan supaya wabah ini cepat berlalu. Konsep khouf dan Raza` adalah harapan kita ditengah ketakutan kita kita mengharap Allah maha kuasa untuk menghilangkan wabah ini.

Bertuhan bisa menjauhkan kita dari hal-hal yang paling menakutkan, dengan Bertuhan kita bisa menumbuhkan rasa kepercayaan sehingga tumbuhlah rasa keyakinan dan pengharapan yang bisa membuat kita Bertahan dengan berbagai godaan untuk tidak keluyuran sesuai dengan apa yang pemerintah anjurkan.

Memulai adalah sesuatu yang hebat tapi jauh lebih hebat bisa mempertahankan apa yang sudah dimulai dengan kebaikan, orang bisa saja hidup dan bertahan tanpa makanan tapi tidak bisa hidup dan bertahan tanpa pengharapan. Kita tetap Bertahan dengan pengharapan bahwa badai ini pasti berlalu meski akan banyak badai-badai selanjutnya kita harus tetap Bertahan.

Buku yang kubaca selalu memberi sayap-sayap baru. Membawaku terbang ke taman-taman pengetahuan paling menawan, melintasi waktu dan peristiwa, berbagi cerita cinta, menyapa semua tokoh yang ingin kujumpai, sambil bermain di lengkung pelangi.

4 Responses to "Bertuhan dan Bertahan"

  1. Firman Ilahi menegaskan bahwa janji keunggulan, superioritas dan supremasi diberikan Allah kepada mereka yang beriman dan berilmu

    BalasHapus
  2. Sukses terus kanda nasir saragih

    BalasHapus
  3. Amin..semoga pandemi ini segera berlalu ya ... BerTuhan yang pada akhirnya akan membuat setiap kita bertahan menjalani hidup

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel