Dalgona Coffee Yang Sedang Viral Dan Semua Cerita Tentangnya

Beberapa minggu terakhir minuman Dalgona Coffee begitu viral, netizen berlomba-lomba membuatnya dan memposting foto Dalgona Coffee ke media sosial. Banyak yang berhasil, namun gak sedikit yang mengeluh karena gagal. Jika dilihat dari tampilannya, Dalgona Coffee ini merupakan perpaduan antara susu cair, es batu, dan di atasnya ada kopi yang diaduk creamy, sehingga cantik ketika difoto dan dipajang di media sosial.
Yang pertama kali mempopulerkan istilah Dalgona Coffee yaitu Jung Il Woo. Kisah ini berawal ketika Jung Il Woo, pemeran drama 49 Days, syuting program televisi Stars Top Recipe at Fun Straunt di Macau. Saat makan di sebuah kedai, ia memesan minuman kopi. Pemilik kedai pun meracik kopi yang dipesan, ia mencampurkan kopi dan gula pasir lalu mengaduknya sebanyak 400 kali, kemudian ia menambahkan sedikit air panas lalu ditambah es batu. Ketika Jung Il Woo meminumnya, Jung Il Woo mengatakan jika rasa kopi yang disesapnya mengingatkannya dengan jajanan bernama Dalgona, permen karamel yang dijual di depan SD tempatnya bersekolah.

Gara-gara rasa kopi yang diminumnya mirip dengan permen Dalgona yang ia beli saat kecil, ia pun menjuluki kopi itu dengan nama Macau Dalgona Coffee. Dalgona ini bukan berkaitan dari warna tampilannya atau bentuknya foamnya yang creamy, tapi adanya persamaan rasa dengan permen Dalgona. Setelah program yang dibintangi Jung Il Woo tersebut tayang, Dalgona Coffee pun viral ke seluruh Korea Selatan. Minuman ini semakin viral di luar Korea Selatan karena seorang pengguna tiktok bernama Hannah Cho mengunggah video 15 detik saat membuat Dalgona Coffee.

Tak bisa dipungkiri, kekuatan media sosial atau istilah gaulnya "The Power of Netizen" memang menjadi salah satu faktor kenapa minuman ini bisa viral. Unggahan demi unggahan tampilan Dalgona Coffee yang cantik dan instagramable, ditambah banyak orang yang lagi di rumah aja karena wabah ini, akhirnya banyak orang tergoda untuk membuatnya, termasuk saya, hahahaha. Untungnya, saya sukses membuatnya.Jika tidak, mungkin saya juga akan mengeluh di sosial media. Banyak tips dan trik yang bertebaran di media sosial bagaimana membuat campuran kopi, gula, dan air panas bisa mengembang.

Ada yang menggunakan mixer, namun yang gak punya mixer, berlomba-lomba mencari tips dan trik Dalgona Coffee agar bisa mengembang dengan cantik dan sempurna. Saya sendiri awalnya menggunakan saringan, ternyata gak begitu bisa mengembang, akhirnya saya menggunakan mixer agar mengembang.

Bagi yang sukses membuat Dalgona Coffee, kebanyakan menggunakan jenis kopi Nescafe. Bagi yang gagal, biasanya gak menggunakan Nescafe sih. Kenapa banyak orang memilih Nescafe untuk membuat Dalgona Coffee? Ini karena Dalgona Coffee baru bisa mengembang saat menggunakan kopi tanpa ampas. Gara-gara Dalgona Coffee ini juga, nescafe sachetan laris manis dan sekarang susah banget dicari di minimarket atau di warung-warung, sama susahnya kayak mencari hand sanitizer dan masker.
Selain penggunaan kopi yang tepat, terjadi juga kebingungan netizen tentang penggunaan air panas atau air dingin dalam pembentukan foam Dalgona. Dari resep yang bertebaran di internet, kopi dan gula dicampurkan dengan air panas. Namun ternyata air dingin juga bisa digunakan untuk membuat Dalgona Coffee.

Seorang youtuber, dr. Ray Leonard Judijanto mengunggah video pembuatan Dalgona Coffee menggunakan air dingin. Disebutkan dalam videonya, jika air dingin yang digunakan saat pencampuran kopi dan gula bisa membuat foam mengembang dengan maksimal. Jadi hasilnya cepat mengembang dan tidak luruh ke bawah saat diletakkan di atas susu cair.

Nah, itu dia semua cerita tentang Dalgona Coffee yang bisa saya kisahkan di sini. Jadi, kalian udah pernah buat Dalgona Coffee atau belum nih ?

"Harum kopiku masih tetap sama, yang beda hanya kadar manisnya saja. Aku hanya ingin merasa pahitnya, dikecap lidah yang kurasa untuk memastikan apa lebih pahit kopiku atau lebih pahit cerita kita."

Author: Ade Naro Harahap

1 Response to "Dalgona Coffee Yang Sedang Viral Dan Semua Cerita Tentangnya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel