Ini 4 Hal Yang Menyebabkan Susah Tidur

Susah tidur adalah hal yang paling menyebalkan yang sering dialami banyak orang, apalagi banyak sesuatu yang harus kita kerjakan di esok harinya yang mengharuskan kita cepat-cepat tidur. Disisi lain susah tidur dapat menyebabkan kurangnya jam tidur yang diperlukan tubuh kita untuk beristirahat. Kurang tidur menyebabkan hal-hal yang seperti kulit jadi kusam, membuat kamu jadi pelupa, berat badan jadi cepat naik, proses berpikir otak jadi lamban atau lemot, dan jadi menimbun penyakit seperti tekanan darah tinggi dan masalah jantung. Sungguh menyeramkan bukan ?
Ternyata banyak faktor yang tanpa kita sadari dapat membuat kita jadi susah tidur setiap malam, yuk cari tahu apa aja pemicunya. Berikut adalah penyebab kita jadi susah tidur:

1. Terlalu Tinggi Kafein
Disaat kita meminum segelas kopi didalam kopi tersebut terkandung kafein. Maka ketika kita minum kopi kita harus meminum secukupnya saja agar kafein yang masuk kedalam tubuh kita tidak terlalu tinggi. Kafein bertindak sebagai stimulan dan dapat menyebabkan kegelisahan, kram perut, sering buang air kecil, dan detak jantung meningkat. Nah, hal inilah yang mempengaruhi pola tidur kita.

2. Pikiran Yang Aktif
Semakin banyak pikiran, maka semakin susah juga untuk tidur, walaupun kamu sudah merasa capek atau lelah sekali dan ngantuk. Apapun yang ada di pikiran kamu, selama dilakukan secara terus-menerus bakalan membuat pola tidur jadi terganggu dan akan menyebabkan overthinking. Mungkin kalian bisa coba menjernihkan pikiran sebelum tidur dengan membaca buku.

3. Olahraga di Malam Hari
Berolahraga memang jadi salah satu cara untuk membantu kita tidur lebih teratur. Tapi kalau dilakukan terlalu dekat dengan waktu tidur, olahraga justru bisa bikin kita kesulitan untuk terlelap. Karena setelah olahraga, energi di tubuh justru akan meningkat pesat, dan membuat kita menjadi kesulitan untuk tidur.

4. Screen Time
Keasyikan nonton vlog di youtube atau menonton video tiktok atau stalking mantan di Instagram sebelum tidur malah akan membuat kamu terjaga semakin lama. Karena cahaya dari layar hp atau laptop membuat otak berpikir, bahwa masih siang hari, yang kemudian menunda rasa ngantuk.

Nah itulah hal hal yang memicu kita menjadi kesulitan untuk tidur, sebisa mungkin kita harus menghindari hal tersebut agar kita bisa tidur dengan nyaman dan nyenyak. Karena tidur yang cukup dan nyaman dapat meningkatkan produktivitas kita di keesokan harinya.

"Satu-satunya hal yang kurindukan saat ini adalah tidur nyenyak ku."
-Mahasiswa Tingkat Akhir

1 Response to "Ini 4 Hal Yang Menyebabkan Susah Tidur"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel