Kamu Bisa Apa Dengan Membaca ?

Oleh: Nasir Ahmad Khan Saragih
Belakangan hari ini, saya akan lebih banyak menyampaikan tulisan yang lebih baik untuk dikonsumsi oleh pikiran dan kesehatan kita. Tulisan kali ini akan memotivasi teman-teman pembaca untuk lebih giat memperbaiki diri dan mengasah kemampuan diri. Dalam kehidupan sehari-hari sudah pasti manusia tidak lepas dari namanya yang membaca, baik status di media sosial, membaca Alquran dan mungkin membaca bacaan di bungkus sabun mandi dan pasta gigi. Kenapa harus pasta gigi, karena kita butuh senyuman yang memberikan semangat bukan melemahkan semangat. Sebenarnya tak seberapa penting berapa kalimat yang sudah kamu baca, yang terpenting adalah seberapa besar dirimu membiasakan kegiatan membaca tersebut.
Lantas apa saja sih yang kamu dapat jika kamu membaca ? Menurut hemat saya membacalah agar kamu mengenal dunia dan menulislah agar kamu dikenal dunia, sudah jelaskan saya akan memaparkan beberapa poin penting yang bisa teman-teman sekalian ketahui:

1. Mengurangi stres
Setelah sibuk beraktivitas baik itu di kampus dan didunia kerja, mungkin membaca dapat membantunya, karena ketika kamu membaca buku novel yang menarik kamu bisa lebih termotivasi agar makin tumbuh semangat.

2. Stimulasi mental
Karena ketika kita membaca, otak kita aktif dan terjaga, sehingga kita tidak mudah lupa mantan eh lupa ingatan maksudnya.

3. Pengetahuan
Sudah pasti buku adalah jendela dunia, kamu dapat ilmu kamu juga dapat banyak kosakata yang kamu bisa gunakan kepada teman-teman di lingkunganmu.

4. Memperbaiki memori
Sudah pasti, ketika kamu menonton misalnya, dan kamu baca novel yang difilmkan tersebut, otomatis kamu akan mengingat apa yang kamu tonton benar ada di dalam bacaan kamu itu.

5. Keterampilan menulis dan berimajinasi
Kamu akan termotivasi untuk mengembangkan dirimu dengan imajinasi bacaanmu dan kamu akan muncul hasrat untuk menuliskan seperti tokoh favorit yang ada dalam buku itu.

6. Menjadikan hiburan
Selain dari beberapa point diatas, untuk mengisi kegabutan, membaca adalah hiburan yang berfaedah, kamu dapat ilmu dan wawasan yang luas.

Nah itu yang kamu dapatkan dari membaca, namun banyak orang menurut analisa yang pernah saya bangun kepada teman teman, katanya membaca hal yang membosankan. Kenapa demikian, sebenarnya karena kamu memang gak niat aja sih, ingat perkataan Pramoedya ananta Toer "terbentur, terbentur dan terbentuk " artinya kamu harus melawan rasa malas kamu, ngantuk kamu dan kebosananmu untuk menjadi yang terbaik. Hanya kapal yang tidak berani berlayarlah yang tidak kena ombak. Sedikit saya berbagi cerita ini, pernah enggak sih ketika kamu misalnya jadi pemakalah dikelas, terus kamu menjelaskan kepada teman kamu dengan referensi yang jelas. Keren bukan ? Jangan jadi generasi yang instan, maunya serba mudah dan tidak ingin di persusah. Semoga tulisan ini memberikan semangat kepada teman-teman semua untuk lebih banyak menyisihkan waktu dan uang jajannya, untuk belanja buku dan baca buku. Kalau kamu mau maju satu langkah, kamu harus mengorbankan beberapa langkahmu untuk mundur. Ingat, jangan diberikan motivasi dulu agar kamu bergerak, tapi bergeraklah agar kamu termotivasi.

"Tidak ada yang bisa kembali dan memulai awal yang baru, tetapi siapa pun dapat memulai hari ini dan membuat akhir yang baru."

3 Responses to "Kamu Bisa Apa Dengan Membaca ?"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel