-->

Mengenal Fenomena Aneh Saat Tidur

Hampir setiap manusia pasti melakukan yang namanya tidur. Tidur juga termasuk kebutuhan pokok yang harus dipenuhi. Dari beberapa orang biasanya lebih mudah tertidur atau suka tertidur ketika pikiran penat, lelah beraktivitas, galau habis diputuskan pasangan, atau bosan dengan tugas kuliah.

Beberapa pendapat yang pernah saya baca mengatakan tidur adalah mati sementara, dimana posisi otak dan tubuh beristirahat sejenak dan dimana setelah kita bangun akan terasa segar. Tapi tahukah teman-teman sekalian ketika pengalaman saya tidur ada saja sesuatu yang terjadi dan mungkin teman-teman pernah mengalaminya, yaitu ngorok dan ngences saat tidur.
Berikut ini saya akan mengulas kegiatan yang sangat aneh yang notabenenya pernah saya alami ketika tidur yaitu:

1. Ngelindur 
Biasanya pada saat tidur tanpa sadari kita sering melakukan yang namanya berbicara, biasanya ini sering terjadi kepada anak-anak dan tidak menutup kemungkinan juga terjadi kepada orang dewasa. Dalam bahasa biologi ini disebut dengan Somnilioquy. Dilansir oleh pakar kesehatan bahwasanya kejadian ini tidak terlalu lama, hanya saja bisa terjadi kisaran waktu 30 detik saja. Bayangin coba kalau satu jam ? Hehehehe mungkin kita dianggap gila.

2. Ditindih Makhluk Halus
Dulu pada saat saya masih kecil mitos ini sering saya dengar, namun setelah saya ketahui ini disebut dengan sleep paralysis. Sebenarnya pada saat tidur, ada siklus-siklus tidur yang akan dimasuki namun semua itu akan mengarah ke siklus yang dikenal dengan nama REM Sleep. REM atau Rapid Eye Movement Sleep adalah siklus tidur dimana mata bergerak cepat ke berbagai arah. Pikiran kalian terbangun lebih dulu dibandingkan tubuh kalian. Nah, jadi kalian tidak usah takut lagi jika mengalami kejadian seperti ini saat tidur, karena memang tidak berbahaya. Hanya perlu tenang karena Sleep Paralysis akan berlahan-lahan akan menghilang seperti gebetanmu.

3. Tidur Berjalan 
Pernahkah kalian melakukan seperti ini atau melihat orang seperti ini, dalam bahasa biologi ini disebut dengan sleep walking. Ini disebabkan karena mereka bangun dari tidur tapi otak tidak bangun sepenuhnya, kebayang kalau tidur berjalan sudah sampai rumah tetangga ? Hehehe mungkin bisa membuat kehebohan sekampung.

4. Mengompol
Apa saya saja yang pernah menjumpai mimpi seperti ini, dengan perasaan kita sudah berada dikamar mandi langsung pipis, setelah bangun tidur kita sadar bahwasanya kita ngompol. Notabenenya ini sering terjadi kepada anak-anak kecil, namun tidak menutup kemungkinan terjadi kepada orang dewasa loh.

5. Mengorok, kentut, dan berlaganya gigi 
Ini menurut saya pribadi ada sesuatu ciri khas orang tersendiri, biasanya disebabkan oleh faktor pendukung yaitu kelelahan dan kebiasaan.

6. Bermimpi 
Semua orang tidak pernah lepas dari yang namanya mimpi. Menurut pendapat orang pada zaman dahulu mengatakan ini adalah bunga didalam tidur. Namun menurut literatur yang saya baca dimana posisi otak masih berfikir dan mengingat betul apa yang ia inginkan sampai kebawa kedalam mimpi, misalnya saja gebetan dan lain sebagainya.

Nah teman-teman sekalian, mungkin penjelasan yang singkat ini dapat membantu dan memberikan informasi kepada kita semua, jangan pernah kait-kaitkan dengan mitos, dahulukan untuk cari kebenarannya yah.

"Jangankan dipaksa melupakan, dipaksa tidur saja tidak enak."

Author: Nasir Ahmad Khan Saragih

5 Responses to "Mengenal Fenomena Aneh Saat Tidur"

  1. Mantap min
    Tapi apa solusi jika seseorang mengalami imsonia, mohon tanggapan nya

    BalasHapus
  2. Gigi gemeretak waktu tidur, biasanya anak seharian sedang gelisah, aku peluk anakku dan sounding love.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel