Diprioritaskan Tidak Baper, Diabaikan Tidak Merasa Kehilangan, Ayo Kenali Dirimu

Merujuk pada pernyataan Al Ghazali, kunci kebahagiaan adalah kenali dirimu sendiri. Kalau kamu sendiri gak paham tentang siapa kamu ? Apa mau kamu ? bahagia adalah sesuatu yang abstrak bukan. Sebenarnya ini adalah teori yang paling gampang, ketika kamu ingin beli baju pasti kamu beli yang sesuai dengan kebutuhan dan porsi gaya hidup. Bukan untuk mengikuti orang agar kamu bahagia. Ada sebuah hadits Rasulullah Saw yang artinya mengatakan "kenali dirimu maka akan mengenal tuhanmu". Kalimat yang sederhana ini memiliki banyak makna yang sangat baik menurut saya pribadi, secara umum manusia mempercayai apa yang diajarkan agama untuk mengenal lebih kepada Sang Penciptanya. Mengenal dan mendekatkan diri kepada sang pencipta secara mudah adalah dengan mengenali diri sendiri.
Who am I ? Salah seorang filsuf Yunani kuno Socrates pun mengatakan demikian, kenali dirimu. Ketika kita sukses maupun terjatuh tak jarang ada rasa yang mengganggu sesuatu dalam hidup yaitu kurang paham dan tidak mengertinya terhadap diri sendiri. Sering mengatakan bisa namun nyatanya tidak bisa.

Apakah mengenal diri sendiri adalah sesuatu keharusan atau hanya sekedar saja ? Dilansir dari pakar psikologi, mengenal diri sendiri adalah bagaimana cara mengeksploitasi kan diri untuk menjadi lebih baik, mengetahui perasaan dan memahami keadaan. Sesuatu yang sederhana ini sebenarnya adalah cara bagaimana kita mengatasi pembicaraan orang yang terkadang menganggu proses tumbuh kembang kita.

Mengenali diri sendiri adalah sesuatu keuntungan yang berlipat ganda menurut saya, alasan yang pertama kali saya bangun adalah kita lebih percaya akan diri sendiri, lebih selektif dalam mendengarkan perkataan orang yang bertujuan menjatuhkan kita.

Sebenarnya ada sesuatu yang kita perlukan dalam hidup, yaitu kesadaran metakoknitif, dimana kita percaya atas diri kita sendiri. Keputusan yang kita lakukan dan refleksi atas pikiran. Karena kita tidak percaya dengan diri sendiri, kita lebih besar terhadap keyakinan Gagal dalam diri daripada kepercayaan untuk berhasil. Namun menurut saya pribadi saya merujuk kepada pernyataan Jalaludin Rumi, ketika saya pintar saya ingin merubah dunia, namun ketika saya bijak, saya ingin mengubah diri sendiri.

Menurut hemat saya, keberhasilan yang mendasar dan nyata dalam hidup adalah ketika kita sampai kepada titik kesadaran dimana kita mengetahui diri kita sendiri, sehingga hadirlah pemahaman multi dimensi yang mengarah kepada pencerahan pribadi. “Hidup adalah perjuangan,” kata tubuh. Namun “Hidup adalah berkah,” kata jiwa. Keduanya benar. Tidak ada yang mutlak dalam pengalaman manusia. Namun menjadi diri yang mengerti akan setiap kondisi adalah tujuan kita bersama. Semoga tulisan ini dapat membantu kita dan semoga kelak luka yang mengatasnamakan cinta itu tidak ada, yang ada bahagia bersama cinta.

"Sudah ada yang bersedia menemanimu dalam segala kurang. Kamu justru masih sibuk menunggu dia yang telah lama hilang, menunggunya pulang."

Author: Nasir Ahmad Khan Saragih

2 Responses to "Diprioritaskan Tidak Baper, Diabaikan Tidak Merasa Kehilangan, Ayo Kenali Dirimu"

  1. Kenapa kita selalu berada pada posisi ketidak pastian? Seharusnya keyakinan yang kuberikan bisa kau rasakan dan penyesalan yang kita punya bisa jadi pembelajaran prihal kerinduan pada sebuah hubungan....

    BalasHapus
  2. Hal tersulit dalam hidup. Mengenali diri sendiri. Aaahhgghhhh...

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel