Tips Cara Menjaga Kesehatan Mental Saat Wabah Corona

Sudah beberapa bulan ini kita bercengkrama dengan musim wabah Covid-19 ini. Bagi banyak orang ini beneran mimpi buruk, banyak orang yang di-PHK, banyak pemilik bisnis yang mengalami kebangkrutan, banyak yang ditinggal anggota keluarganya karena penyakit ini, sungguh mimpi buruk bukan ? Kadang saya suka mikir, apakah ini mimpi? Ternyata ini nyata, ini asli terjadi dalam hidup kita. Allah sedang memberikan cobaan, namun saya yakin, cobaan ini tidak akan melampaui batas kemampuan kita, Insya Allah ini akan segera berakhir. Aamiin.
Pemberitaan yang tidak wajar, hoax yang menyebar luas, dan berita negatif lainnya hanyalah membuat khawatir, dan jujur kegalauan melanda itu bikin imunitas menurun loh, gitu katanya. Berpengaruh kepada kesehatan mental, apalagi buat yang punya gangguan kecemasan atau OCD (gangguan obsesif impulsif). 

Gimana caranya supaya kita bisa tetap menjaga kesehatan mental? Soalnya kalau masalah menjaga kesehatan dan kebersihan sih udah biasa dan saya yakin semua orang sudah paham. Masalahnya sekarang justru kesehatan mental yang semestinya harus dijaga. Berikut adalah tips cara menjaga kesehatan mental disaat wabah covid-19 ini:

1. Selektif sama Informasi atau Berita
Sekarang berita banyak sekali disebar. Gak peduli itu berita benar atau palsu (hoax), yang penting di share. Kesal gak sama berita palsu tersebut ? Kalau saya sendiri merasa kesal. So, untuk menjaga kesehatan mental kita, lebih baik batasi saja waktu membaca atau nonton berita yang malah bikin cemas dan khawatir. Jika banyak menyerap informasi negatif justru malah stress dan bikin kesehatan mental turun. Katanya kalau kita stress, imunitas itu drop juga. Jadi mending pilih berita, dan bacanya yang beneran informatif plus positif aja. Skip yang hoax.

2. Rehat Sejenak dari Media Sosial
Istirahat sejenak dari main sosmed juga dapat memperbaiki kesehatan mental kita, karena informasi yang menyebar di sosmed sangat banyak yang hoax atau berita palsu. Jika memang kita tidak dapat rehat dari sosmed karena tuntutan pekerjaan atau karena bisnis yang sedang kita jalankan, setidaknya kita unfollow akun penyedia informasi yang menyebarkan ketakutan dan kepanikan agar kita tidak stress dan untuk menghindari mental down.

3. Jangan terlalu Lelah
Saya yakin, kalau pandemi ini akan segera berakhir. Aamiin. Andaipun masih butuh waktu, jangan terlalu lelah, istirahatlah. Tetap dirumah aja agar rantai penyebaran virus ini terputus. Menerima dengan ikhlas, terima saja Insya Allah semua akan terasa tenang. Ingat selalu bahwa Allah gak bakalan menguji kita lebih dari batas kemampuan kita. Lepaskan semua pikiran yang negatif. Datangkan semua pikiran positif dan banyak berdoa, berdzikir dan lebih mendekatkan diri pada Allah apalagi ini sudah masuk bulan ramadhan.

Itulah beberapa tips cara menjaga kesehatan mental kita disaat wabah covid-19 ini berlangsung. Karena lelah, hanya membuat kita lemah. Yang penting, kita harus banyak berdoa. Doakan selalu semoga pandemi ini segera berakhir. Agar bulan Ramadhan ini kita bisa khusuk beribadah dan menggapai kemenangan dengan ceria, sehat dan hati gembira, aamiin.

"Menerima diri sendiri adalah kekuatan, bukan sebuah kelemahan."

Author: Ade Naro Harahap

1 Response to "Tips Cara Menjaga Kesehatan Mental Saat Wabah Corona"

  1. Terimakasih sudah memberikan tipsnya, semoga bermanfaat.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel