3 Manfaat Quality Time Dengan Keluarga

Keluarga adalah lingkungan terkecil dalam hidup kita. Memiliki keluarga yang harmonis dan bahagia adalah dambaan setiap manusia. Kebersamaan antara orang tua dan anak adalah idaman bagi semua keluarga. Hubungan yang harmonis dan saling menyayangi antar anggota keluarga akan memberikan dampak yang positif dalam perkembangan anak dan juga kesehatan psikologis mereka. Selain itu pasangan suami istri juga akan merasa bahagia dalam mengasuh buah hati tercinta.

Pekerjaan orang tua yang terkadang menyita waktu, membuat keluarga kehilangan kebersamaan yang diidamkan. Padahal sangatlah penting bagi sebuah keluarga untuk menjaga kebersamaan supaya terwujud kehidupan yang nyaman, tentram dan juga bahagia. Oleh karena itu, sangatlah penting bagi sebuah keluarga untuk meluangkan waktu, bersama-sama dengan anggota keluarga yang lain, menikmati waktu bersama. Dalam hal ini adalah mewujudkan quality time bersama keluarga.
Quality time adalah memanfaatkan waktu yang berharga kita bersama dengan orang-orang yang kita sayangi dalam hidup kita. Menghabiskan waktu ini bisa dengan cara melakukan suatu hal bersama-sama, makan bersama, melakukan perjalanan bersama atau sekedar ngobrol tentang hal yang dilakukan sehari-hari. Quality time tidak harus dengan menghabiskan uang atau tenaga berlebih. Ada 3 manfaat yang didapat ketika quality time bersama keluarga yang akan memberikan pengaruh positif bagi keluarga, diantaranya:

1. Hubungan Antar Anggota Keluarga Semakin Harmonis
Semakin sering sebuah keluarga menghabiskan waktu bersama, maka ikatan diantara mereka akan semakin kuat. Rasa kasih sayang dan kepedulian di antara anggota keluarga akan semakin terasa. Hal itu tentu akan berpengaruh terhadap hubungan antara masing-masing anggota keluarga. Keharmonisan akan tercipta dengan seringnya berkumpul bersama. Setiap keluarga pasti memiliki quality time dengan cara yang berbeda. Dengan sering berkumpul, maka masing-masing anggota keluarga dapat saling memberikan dukungan satu dengan yang lain.

2. Meningkatkan Produktivitas dan Semangat Hidup
Setiap keluarga pasti mendambakan kehidupan yang harmonis. Dengan meluangkan waktu berkumpul bersama keluarga, akan dapat meningkatkan produktivitas kerja serta semangat hidup. Rasa bahagia dan nyaman, karena memiliki keluarga yang saling menyayangi, akan menghadirkan pikiran tenang dan bersemangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

3. Merencakan Kegiatan Yang Mengasyikkan
Berkumpul bersama keluarga tentu akan banyak membicarakan beberapa hal. Diantaranya, merencanakan liburan bersama, melakuan aktivitas untuk mengisi waktu libur saat di rumah, dan lain-lain. Hal itu tentu sangat menyenangkan, karena akan melibatkan semua anggota keluarga dalam pembicaraan itu.

Waktu yang kita punya tidak akan pernah kembali. Berkumpul bersama orang-orang yang kita sayangi tentu akan menjadi salah satu penyemangat dalam menjalani kehidupan kita selanjutnya. Keluarga adalah lingkungan terkecil yang kita miliki. Bersama mereka, kita dapat melakukan banyak hal yang menyenangkan. Menjadikan rumah dan keluarga sebagai tempat kembali yang paling nyaman, setelah lelah seharian mengerjakan tugas, bekerja dan bertemu dengan berbagai masalah hidup, adalah solusi yang tepat.

Quality time tidak harus melakukan hal yang mahal. Kebersamaan bersama keluarga itu adalah yang terpenting. Pastikan kita memiliki waktu berkualitas dengan keluarga kita, karena setiap detik dalam hidup kita, sangatlah berharga.

"Seberat apapun masalah yang sedang kamu hadapi, yang menggenggam tanganmu hingga akhir adalah keluarga."

Author: Ade Naro Harahap

1 Response to "3 Manfaat Quality Time Dengan Keluarga"

  1. Keluarga adalah segalanya. Tanpa keluarga hidup seakan dalam kehampaan.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel