Internet of Things Sebuah Gaya Baru Kehidupan

Kemajuan zaman adalah segala sesuatu bentuk yang sangat positif bilamana kita dapat mengikutinya. Sesuai pernyataan oleh Alex Ross didalam buku the future of industry mengatakan bahwasanya hidup akan lebih mudah dan semua dari kita bisa berkarya. Pernyataan ini adalah yang dapat saya simpulkan dari buku yang saya baca dan akan saya tuangkan dalam tulisan ini.

New normal adalah bukti akan ada gaya baru didalam kehidupan kita sehari-hari, entah itu akan berhasil atau tidak, semua dari kita ingin berharap yang terbaik nantinya. Balik lagi mengenai IoT, secara garis besar Internet of Things dapat saya sederhanakan pengertiannya adalah konsep segala sesuatu yang berhubungan dengan internet. Di era revolusi industri 4.0, IoT ini sangat terlihat perannya dimasa pandemi ini. Bisa lihat kita semua dituntut untuk belajar dari rumah, bekerja dari rumah, bahkan silaturahmi dari rumah dan ditemukan didalam satu jaringan yaitu jaringan internet. Koneksi internet adalah tekhnologi yang sangat luar biasa dimana kita dapat mengakses segala sesuatu yang sebelumnya tidak pernah ada dipikiran kita. Contohnya saja smartphone yang hari ini masih kita genggam, banyak dari kita menghasilkan keuntungan melaluinya, ditemukan dengan jaringan internet, membuka bisnis online, perkantoran secara online, dan sedekah pun sekarang sudah bisa secara online.
Bila saya mengambil kesimpulan, sebenarnya konsep IoT ini adalah konsep yang sederhana namun tidak semua bisa mengikutinya, begitu lah kira-kira. Alasan klasik yang saya bangun adalah dimana tidak semua orang bisa mengerti cepat dalam proses pengaplikasiannya, padahal tanpa sadar hal tersebut yang selalu saling berdampingan didalam kehidupan kita sehari-hari sekarang ini.

IoT yang selalu terhubung dan aktif dapat memberikan tiga manfaat utama seperti:
Monitor
Berkelanjutan yang memberikan pengetahuan berisi informasi real time tentang penggunaan suatu produk atau pengguna di lingkungan industri.

Maintain
Pemantauan berkelanjutan memungkinkan kita untuk melakukan peningkatan atau tindakan-tindakan tertentu sesuai dengan kebutuhan.

Motivate
Yang konstan dan berkelanjutan dengan konsumen atau pekerja memungkinkan pelaku usaha atau pemilik organisasi untuk memotivasi orang lain membeli produk, mengambil tindakan, dan sebagainya.

Bagaimana, apakah kalian sudah menggunakannya dengan sebaik-baiknya ? Atau malah kalian tidak pernah menyadari itu semuanya. Mulai dari sekarang bijaklah dalam setiap perubahan, karena kadang kala ada saja jalan rezeki yang tak pernah kita ketahui sebenarnya hadirnya, termasuk kemajuan didalam perkembangan teknologi ini.

"Kemajuan teknologi tak seharusnya membuat akhlakmu menurun, sebab kita manusia lebih mulia dari akhlak yang terkadang suka membuat kita menjadi bahan perbudakan."

Author: Nasir Ahmad Khan Saragih

2 Responses to "Internet of Things Sebuah Gaya Baru Kehidupan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel