Saatnya Gaya Baru dengan Berpikir Out of the Box

Semakin berkembangnya zaman maka peradaban semakin berubah dan pola kehidupan harus diubah menjadi ke yang lebih baik. Manusia adalah makhluk hidup yang sering memikirkan sesuatu didalam hidupnya, secara positif dan negatif. Hal ini dilandasi oleh apa yang menjadi beban didalam pikirannya. Mungkin lewat beberapa seminar, pernyataan dosen, dan orang disekitaran kita sering mengucapkan pernyataan tentang berpikir out of the box, bila kita tarik secara arti satu persatu adalah berfikir diluar kardus. Masa iya kita berpikir diluar kardus ? Namun sebenarnya maksud dan tujuannya menurut hemat saya adalah bagaimana berpikir menggunakan sudut pandang secara luas, artinya tidak memandang sesuatu secara ruang lingkup yang kecil.

Contohnya saja seperti kapal dilaut yang berlayar, ketika tidak ada kapal mungkin kita melihat mana mungkin manusia bisa berenang menyeberangi pulau Jawa dan Sumatera secara individual, perlu adanya alat bantu. Maka dengan itu hadirlah kapal, dengan beberapa kali uji eksperimen dan penelitian supaya tetap aman.
Dari gambaran diatas saya ingin mengatakan bahwasanya, berpikir secara skala luas, tidak serta merta mengatakan sesuatu yang nampak sekilas adalah hal yang sulit, seakan tidak ada cara lain, padahal pepatah sudah bilang "banyak jalan menuju Roma". Beda lagi dengan mereka yang berpikir dalam sudut pandang in the box, menganggap segala sesuatu pekerjaan adalah hal yang sulit dikerjakan, namun tidak memikirkan bagaimana untuk menciptakan cara supaya kerja itu lebih efektif dan efisien. Sesuai dengan pernyataan om Einstein, "semua manusia pintar, namun ketika kamu menyuruh ikan untuk memanjat pohon, sampai kapan pun ia tidak akan bisa" sekiranya itu adalah pacuan yang pertama kali saya bangun dalam bentuk argumen dan mudah untuk dipahami. Timbul pertanyaan, kenapa sih kita harus berpikir secara out of the box ?

Salah satu diantara keuntungan yang kita raih adalah bagaimana kita satu langkah menunjukkan merdeka dalam konsep berpikir dan bertindak. Contoh kecil yang menjadi hal bahan pokok didalam kehidupan kita adalah alat komunikasi, dahulu kala untuk berkomunikasi harus membutuhkan dana yang besar dan waktu yang lama, perkembangan zaman menggeserkan tatanan kehidupan di era dahulu sampai era globalisasi saat ini.

Masih ingat dengan pernyataan Karl Marx dunia tanpa kelas ? Sebenarnya ini adalah kiasan saja yang penulis gunakan didalam tulisan ini, dahulu belajar tatap muka adalah hal yang paling terbaik, namun sekarang perkembangan zaman menolong kita semua untuk memudahkan bekerja dan belajar secara jarak jauh, buktinya dari itu semua adalah segala bentuk perjuangan dan buah pikiran dari berfikir out of the box.

Orang yang biasanya identik dengan berfikir out of the box adalah mereka yang secara akademis adalah mereka yang sangat nafsu didalamnya. Karena rasa ke-ingintahuan yang sangat besar, rela menggunakan dan mengorbankan uang saku untuk belanja buku. Jadi artinya adalah, berfikir out of the box adalah hadiah yang diberikan kepada kita namun tidak kita ambil kesempatan untuk dapat memberikan sesuatu yang baik pula untuk perubahan.

"Pemuda hari ini harus turun tangan, berkarya nyata menjawab semesta Indonesia."

Author: Nasir Ahmad Khan Saragih

0 Response to "Saatnya Gaya Baru dengan Berpikir Out of the Box"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel