7 Fakta Unik di Indonesia Yang Jarang Diketahui Oleh Penduduknya Sendiri

Berbicara tentang Indonesia gak akan bakal nemu titik dimana kita habis menceritakannya. Keberagaman aneka budaya, suku, tradisi, agama dan bahasa, menjadi bibit dimana keunikan dan keindahan itu tercipta. Indonesia adalah negara yang kaya dengan keberagaman budaya, serta sumber daya alamnya yang melimpah. Indonesia juga mempunya sejarah panjang yang banyak tidak diketahui oleh rakyatnya sendiri.
berikut ini adalah 7 fakta unik tentang Indonesia yang harus kalian tau, yang dikutip dari berbagai sumber:

1. Dari semua Presiden yang pernah memimpin Indonesia, ternyata baru satu Presiden yang tidak terlahir di Pulau Jawa. Beliau adalah Bacharuddin Jusuf Habibie yang terlahir di Pulau Sulawesi, lebih tepatnya adalah Parepare, Sulawesi Selatan. Ada juga Mr. Assaat yang merupakan pemangku jabatan Presiden Republik Indonesia pada masa pemerintahan Republik Indonesia di Yogyakarta. Mr. Assaat lahir di Agam Sumatera Barat.

2. Indonesia menjadi satu-satunya negara yang pernah keluar masuk sebagai anggota PBB. Indonesia pertama kalinya terdaftar sebagai anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang ke-60 pada 28 September 1950. Selanjutnya pada tahun 1965, Indonesia memutuskan untuk keluar dari PBB karena kemarahan Soekarno atas terpilihnya Malaysia sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB. Padahal saat itu, Malaysia dan Indonesia sedang mengalami ketegangan yang luar biasa. Namun, di 1966, Indonesia akhirnya melanjutkan kembali perjalanannya sebagai anggota PBB.

3. Jakarta ternyata sudah berganti nama sebanyak 7 kali. Sebagai Ibukota Negara, Jakarta punya daya pesona tersendiri. Termasuk salah satunya adalah nama. Ternyata nama Jakarta sendiri adalah nama terakhir setelah diubah berkali-kali. Urutannya adalah (1) Sunda Kelapa, lalu diganti (2) Jayakarta, kemudian (3) Batavia, setelah itu (4) Betawi, lantas berubah menjadi (5) Jacatra, selanjutnya jadi (6) Jayakarta, dan yang terakhir adalah seperti yang kita kenal sekarang ini, (7) Jakarta.

4. Dilihat dari gelar pendidikan, Jumlah Presiden Indonesia ternyata mengalahkan Jumlah Presiden Amerika Serikat. Dari 43 orang presiden Amerika Serikat hanya satu orang yaitu Woodrow Wilson sajalah yang mempunyai gelar doktor akademik, sedangkan di Indonesia ada dua orang yaitu Bapak BJ Habibie dan Bapak Susilo Bambang Yudhoyono.

5. Mempunyai garis pantai terpanjang. Menurut CIA World Factbook, Indonesia menempati posisi kedua sebagai negara yang memiliki garis pantai terpanjang, yaitu lebih dari 54.000 km. Bahkan jarak dari Sabang ke Merauke lebih jauh daripada jarak dari Sabang ke Seoul (Korea Selatan).

6. Perubahan ibukota. Indonesia merupakan satu-satunya negara di dunia yang mana dalam sejarah tercatat mengalami 4 kali pergantian Ibukota dalam waktu yang cukup singkat. Ada pun Ibu Kota Indonesia adalah : Jakarta (1945 - 1946), Yogyakarta (1946 - 1948), Bukittinggi (1948 - 1949), dan akhirnya kembali Jakarta (1950 - sekarang) dan sebentar lagi ibukota Indonesia akan berganti lagi ke pulau kalimantan (Kalimantan Timur).

7. Negara republik pertama di Indonesia. Sebelum Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya sebagai negara Republik, dua abad sebelumnya, telah berdiri sebuah negara republik di Indonesia bernama Republik Lan Fang. Berdiri di Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Republik Lan Fang merupakan negara yang didirikan oleh masyarakat etnis Tionghoa yang tinggal di Pontianak. Sistem pemerintahannya kala itu menggunakan sistem (Republik) presidensial. Para pejabatnya pun menggunakan pakaian tradisional masyarakat Tiongkok Kuno. Meski sempat berdiri selama lebih dari seratus tahun, namun akhirnya Republik Lan Fang takluk oleh Belanda.

Terlepas dari berbagai macam fakta yang ada di Indonesia diatas menunjukan bahwa Indonesia adalah sebuah negara yang kaya akan keberagaman dan keunikan-keunikannya yang sangat beragam. Tidak hanya dari sudut pandang ekonomi, sosial, dan budayanya tetapi juga prestasi-prestasi yang dimiliki oleh anak bangsa yang telah mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional baik dibidang olahraga, prestasi akademik, dan juga inovasi-inovasi mutakhir dibidang Informasi dan Teknologi (IT) yang mampu bersaing dengan karya dan produk luar negeri. Tetap cintai tanah kelahiranmu dan jaga baik-baik.

"Rumah adalah tempat kau titipkan hatimu agar kau ada alasan untuk pulang."

Author: Ade Naro Harahap

1 Response to "7 Fakta Unik di Indonesia Yang Jarang Diketahui Oleh Penduduknya Sendiri"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel